AMANDITFM

93.9

Listen Now

Jaga Ketersediaan & Harga Cabe, Bupati Canangkan Gerakan Tanam Cabe se HSS
AmanditNews, Kandangan – Karena Cabe dianggap menjadi salah satu penyebab terjadinya inflasi. Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) canangkan gerakan tanam Cabe bersama 13 kelompok tani (poktan), guna kendalikan inflasi daerah. Selasa, (20/9/22).
Bupati H. Achmad Fikry mengatakan gerakan tanam Cabe ini ditujukan agar Cabe selalu tersedia sehingga harga jual bisa normal.
Dengan cara para petani dapat mengatur waktu penanaman. Yakni jangan sampai menanam secara serentak disemua daerah.
“Apabila waktu penanaman disetiap daerah bisa diatur tidak berbarengan, maka harga jual waktu panen juga akan normal karena cabe terus tersedia,” tutur Bupati.
Gerakan ini dimulai dari pembagian bibit cabe ini kepada poktan Karya Maju Desa Kayu Abang Kecamatan Angkinang. Oleh Bupati H. Achmad Fikry yang saat itu juga sekaligus melaksanakan penanaman perdana diikuti oleh Sekretaris Daerah (Sekda) H. Muhammad Noor dan Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto.
“Bibit yang kita serahkan hari ini adalah bantuan dari pusat dan pupuk nya dari kita pemerintah daerah, ini adalah kolaborasi antara pusat dan daerah,” ucap Bupati.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian setempat, Muhammad Noor mengatakan bantuan bibit Cabe kali ini diserahkan kepada 13 poktan se HSS.
Dengan luas lahan 30 Hektar.
“Kita berharap bibit yang diberikan nantinya bisa ditanam dengan baik, baik itu di pekarangan, pot atau pun lahan-lahan pertanian,” ujarnya.
“kami juga berharap dengan adanya bantuan ini akan menambah pendapatan serta untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tutupnya.
Sumber: Kominfo Hss