AMANDITFM

93.9

Listen Now

HSS Launching ‘Bapak-Bapak’ Asuh Anak Stunting

AmanditNews, Kandangan – Persolan stunting tentunya juga tanggung jawab seorang bapak. Karenanya, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Hulu Sungai Selatan melaunching Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS). Rabu, (28/9/22).

Kepala Dinas PPKBPPPA HSS, Dian Marliana memaparkan program ini berdasarkan Peraturan Presiden no.72 tahun 2021. Yang mana melibatkan segala sektor dalam ambil bagian untuk melakukan penurunan anak stunting.

Dijelaskannya tugas BAAS ini yaitu melakukan pemberian makan padat bergizi yang dimasak dengan menu DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting).

“Dengan melakukan pemberian makanan 2 hari sekali dengan indeks harga 1 kali makan seharga Rp25 ribu selama 6 bulan,” terangnya di halaman Kantor Kecamatan Padang Batung.

Sasarannya ialah pada Baduta (anak bawah dua tahun) stunting yang merupakan periode emas 1000 hari pertama kehidupan.

“Target jumlah Baduta sekitar 145 orang anak dari 69 desa di 10 kecamatan se kab.HSS,” tutur Dian Marliana.

Bupati H. Achmad Fikry menekankan yang sangat perlu diperhatikan dalam melakukan penurunan angka stunting yaitu komitmen.

“Mudah-mudahan kegiatan ini merupakan bentuk kebersamaan kita serta langkah nyata untuk menekan peningkatan stunting di hulu sungai selatan,” harapnya.

Lebih lanjut Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada donator yang sudah bersedia menjadi BAAS. Karena sudah berkontribusi dalam pemberian makanan tambahan pada 145 anak di HSS.

Launching ini dirangkai dengan Pengukuhan BAAS sekaligus penyematan selempang, penyerahan uang bantuan program BAAS kepada para Camat, penyerahan KIT stunting, penyerahan KIT siap nikah, serta penyerahan kotak makanan bergizi kepada para balita.