Januari 28, 2021

Radio Informasi dan Hiburan

Bupati HSS Sampaikan Jawaban Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Atas Ranperda Pada Rapat Paripurna Lanjutan Tingkat I DPRD dan DPRD Kab HSS Sampaikan Tangapan Atas Pendapat Bupati Terhadap Ranperda Inisiatif DPRD

AmanditNews. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar rapat paripurna lanjutan tingkat I DPRD di Gedung Lantai 2 DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Selasa, (12/01/2021).

Bupati HSS diwakili oleh Wakil Bupati HSS dan Ketua DPRD Kab HSS menyampaikan jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap rancangan peraturan daerah. Ada tiga Ranperda yaitu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor Narkotika, Pengarustamaan gender, dan Pencabutan Peraturan Daerah Nomor 8 tahun 2018 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kelas D Daha Sejahtera Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Bupati HSS Achmad Fikry yang diwakili oleh Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad dalam penyampaiannya setelah menjabarkan pemandangan umum yang telah diajukan oleh fraksi-fraksi DPRD Kab HSS yaitu fraksi Golkar, fraksi Nasdem, fraksi PKB, fraksi PKS, fraksi PDIP, dan fraksi Gerindra-Pan, pada kesempatan itu secara garis besar memberikan dukungannya terhadap rancangan peraturan daerah tersebut dan lebih lanjut diadakan pembahasan yang lebih mendalam pada rapat berikutnya.

Sementara itu terkait tanggapan DPRD (Komisi I) atas pendapat Bupati terhadap rancangan peraturan daerah inisiatif DPRD tentang Pencegahan Penanggulangan HIV dan AIDS, Ketua DPRD Komisi I Kab HSS, H. Yopie Alfiani menyampaikan terima kasih kepada Bupati HSS yang telah memberikan pendapat serta apresiasi dan dukungan atas Ranperda inisiatif DPRD ini. Lebih lanjut menyampaikan bahwa Komisi I sebagai bagian dari alat kelengkapan DPRD memandang perlu dan penting pembentukan Ranperda  ini. Dilihat dari perkembangan penularan HIV dan AIDS saat ini di Kabupaten HSS serta diperlukannya sebuah kebijakan di daerah yang berlandasakan hukum.

Selain itu juga diakui oleh pemerintah daerah atau pihak eksekutif bahwa telah dilakukan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di Kab HSS, namun hasilnya belum maksimal. Salah satu penyebabnya yaitu keterbatasan anggaran, apa yang menjadi masalah dan kendala dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dam IDS baik terkait sumber daya manusia sarana dan prasana, maupun dukungan angaran dapat diatasi dengan dibentuknya peraturan daerah ini karena sudah memilki landasaan hukum melalui kebijakan yang selanjutnya dibuat dalam bentuk program dan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan.

Rapat paripurna hari ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Rodi Maulidi dihadiri oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah H. M. Noor, asisten, Staf Ahli dan Kepala SKPD, serta anggota DPRD Kab HSS.

 

Reporter      : Alpisah Rina

Penulis        : Ucok Syahreza

Editor          : Amutz

WhatsApp chat