April 17, 2021

Radio Informasi dan Hiburan

Bupati HSS Serahkan Anugerah Pajak Terbaik Tahun 2020 Kategori Hotel, Rumah Makan, dan PBB

Hulu Sungai Selatan-Kandangan-AmanditNews. Bupati Hulu Sungai Selatan H. Achmad Fikry  didampingi Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad serahkan Anugerah Pajak Tahun 2020 kepada para wajib pajak terbaik bagi tiga kategori jenis pajak daerah, yakni Pajak Hotel, Pajak Restoran dan Rumah Makan serta Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Gedung Pramuka Jalan Mawar Kandangan pada Kamis, (25/02/2021).

Kepala BPKPD Kab HSS H Nanang FMN, dalam laporannya menuturkan anugerah pajak tahun 2020 ini merupakan penerapan dari reward and punishment terhadap wajib pajak. Pemkab HSS memberikan penghargaan kepada wajib pajak yang taat dan tertib membayar pajak daerah, beriringan dengan itu juga diterapkan sanksi kepada wajib pajak yang lalai atau melanggar.

Lebih jauh beliau menjelaskana penilaian wajib pajak dilakukan  selama 1 tahun pada tahun 2020 oleh tim dari Badan Keuangan Daerah (Bakeuda).  Kriteria penilaian untuk jenis pajak hotel dan restoran yakni metode penyetoran, kesesuaian setoran dengan tarif, ketepatan penyampaian laporan dan kecepatan waktu setor.  Sedang kriteria untuk jenis PBB, yakni jumlah target, jumlah wajib pajak, capaian realisasi, waktu pelunasan dan kelengkapan administrasi pengelolaan PBB di masing masing kecamatan.

Bupati HSS H. Achmad Fikry dalam sambutannya menjelaskan pajak adalah salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD). Kab HSS sebagai daerah yang otonom yang sudah berusia 70 tahun, beliau berharap anugerah pajak tahun 2020 ini bisa menjadi momentum dan memotivasi untuk lebih meningkatkan PAD.

“Faktanya kita masih dibantu dana transfer dari pemerintah pusat dan provinsi, paling tidak setiap tahunnya bisa meningkatkan PAD kita,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut Bupati HSS menyampaikan terima kasih kepada wajib pajak baik pengelola hotel, pengelola restoran dan rumah makan serta warga masyarakat yang sudah secara aktif membayar dan menyetorkan pajaknya ke Pemkab HSS.

Terakhir bupati hss menyampaikan kedepannya akan melengkapi sarana penyetoran pajak yang lebih terkontrol dengan baik berupa mesin struk pada hotel dan restoran dan berkomitmen akan meningkatkan PAD dengan memacu potensi pajak sarang burung walet yang selama ini belum maksimal. 

“Kita juga akan segera melakukan pendekatan kepada para pemilik sarang burung walet agar dapat membayar wajib pajaknya,” tutupnya.

Turut hadir dan disaksikan pada kegiatan ini Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan Syamsir, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Drs H Nanang FMN, Kepala OPD terkait, Camat Se Kab HSS, serta 40 orang dari unsur wajib pajak.

Berikut para peraih penghargaan Anugerah Pajak Tahun 2020:

Kategori Wajib Pajak Restoran Terbaik

  1. Terbaik 1 : Sate Abadi JL. Soeprapto
  2. Terbaik 2 : Rocket Chicken Hamalau
  3. Terbaik 3 : Rocket Chicken Simpang 5
  4. Terbaik 4 : Sate Abadi Jalan Merdeka
  5. Terbaik 5 : Rumah Makan Wongsolo
  6. Terbaik 6 : Rumah Makan Munalisa
  7. Terbaik 7 : Rumah Makan HJ. SANAH
  8. Terbaik 8 : Bakso SIS

Kategori Wajib Pajak Hotel Terbaik

  1. Terbaik 1 : Losmen Sentosa
  2. Terbaik 2 : Wisma Hamawang
  3. Terbaik 3 : Hotel Grand Sandaga Syariah
  4. Terbaik 4 : Hotel Qianna INN

Kategori Kecamatan

  1. Terbaik 1 : Kecamatan Angkinang
  2. Terbaik 2 : Kecamatan Kandangan
  3. Terbaik 3 : Daha Utara

Reporter          : Alpisah Rina

Penulis             : Ucok Syahreza

Editor              : Amutz

WhatsApp chat