April 17, 2021

Radio Informasi dan Hiburan

Kemendikbud Luncurkan Program Sekolah Penggerak, Kadisdikbud Provinsi Kalimantan Selatan Yusuf Effendi: Kami Siap Sosialisasikan

AmanditNews. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan H. Muhammad Yusuf Effendi menyampaikan tentang program baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu program sekolah penggerak, pada Rabu (6/1/2021) di Banjarmasin melalui wawancara via telepon.

Melalui wawancara tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan H. Yusuf Effendi menyampaikan adanya program sekolah penggerak yang merupakan salah satu upaya peningkatan dan pemerataan layanan pendidikan, hal ini sesuai dengan Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2020/2024.

“Salah satu agenda pembangunan pendidikan menurut Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2020/2024 adalah peningkatan dan pemerataan layanan pendidikan. Hal ini sangat sejalan dengan RPTMD dan Renstra dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam konteks peningkatan dan pemerataan layanan pendidikan telah disosialisasikan melalui program sekolah penggerak,” tutur Kadisdikbud Provinsi Kalimantan Selatan, H. Muhammad Yusuf Effendi.

Program sekolah penggerak pada dasarnya bertujuan menciptakan sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Tentunya program ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan dengan berupaya terus mensosialisasikan program sekolah penggerak. Juga terus mengupayakan peningkatan kapasitas guru kepala sekolah dan pengawas.

Kadisdikbud Provinsi Kalimantan Selatan, H. Muhammad Yusuf Effendi juga menyatakan komitmen dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan utuk mendukung program sekolah penggerak ini.

“Kami (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan) berkomitmen dalam rangka mendukung program sekolah penggerak dengan berbagai program dan kegiatan di Disdikbud Provinsi Kalimantan Selatan dengan sumber dana APBD Provinsi Kalimantan Selatan,” lanjutnya lagi.

Kadisdikbud juga menyampaikan harapannya terkait program sekolah penggerak ini dapat mewujudkan kompetensi sumber daya  di sekolah dan mempercepat peningkatan mutu pendidikan. Juga dapat menjadi inspirasi dan motivasi pada sekolah, umumnya di Kalimantan Selatan.

 

Penulis       : Alpisah Rina

Editor         : Amutz

WhatsApp chat