Januari 28, 2021

Radio Informasi dan Hiburan

Komisi I Minta Eks Penjaga Warung Malam Diberi Pembinaan Agar Memiliki Mata Pencaharian

Hulu sungai Selatan–Kandangan-AmanditNews. Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) HSS melakukan rapat kerja bersama Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terkait tindak lanjut dari aspirasi yang disampaikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan terhadap persoalan warung malam yang cukup meresahkan masyarakat.

Disampaikan Ketua Komisi I DPRD HSS Yopie Alfiani mengatakan bagi masyarakat Hulu Sungai Selatan akan memberikan pembinaan kepada eks warung malam untuk mendapatkan bantuan stimulus berupa pelatihan keterampilan dan pembinaan agar mereka tetap mempunyai mata pencaharian setelah usahanya ditutup.

“Bagi masyarakat ber-KTP luar Hulu Sungai Selatan akan kita pulangkan ke daerah asal mereka dan mungkin nanti ada kerja sama lintas daerah yang nanti akan minta bantuan eksekutif untuk mengkomunikasikan dengan bagian terkait di daerah mereka,” katanya.

Peran SKPD diperlukan lanjut Yopie  dari dinas yang terkait masalah ekonomi kreatifnya, dari Dinas Pariwisata, Dinas Sosial tentang solusi pelatihan, bantuan sosial, dan nantinya dari Kesra akan menyiapkan mubalig atau juru dakwah, yang memberikan siraman rohani ke mereka agar mempunyai kesadaran emosional,” katanya.

Langkah pertama yang dilakukan mengidentifikasi masalah, jadi diminta tanggapan seluruh SKPD, minta masukan anggota dewan, apa yang menjadi masukan dan apa yang menjadi permasalahan dari warung jablai.

Formulanya kata Yopie tidak hanya melakukan penutupan terhadap warung malam, tetapi mencarikan solusi bagi mereka untuk mencari nafkah, agar kedepannya ketika nanti kita sudah menertibkan, mereka tidak akan kehilangan mata pencaharian.

Reporter     : Amutz

Penulis        : Ucok Syahreza

Editor          : Amutz

WhatsApp chat