Juni 23, 2021

Radio Informasi dan Hiburan

Pada 06-17 Mei 2021, Larangan Mudik Lebaran di Kab. HSS Diberlakukan

Mudik dapat diartikan sebagai pulang kampung walau secara harafiah sebenar- nya berasal dari kata udik = desa, sehingga arti mudik dapat diterjemahkan sebagai “pulang kampung” yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia menjelang perayaan Idul Fitri tiba.

Tetapi berbeda untuk tahun ini Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) covid-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran covid-19.

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP bersama Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, S.AP, M.A didampingi Kapolres Hulu Sungai Selatan Siswoyo S.I.K., M.H, Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, S.IP meninjau pos pemeriksaan yang ada Di Kab. HSS, pada Kamis(06/05/2021).

Pos pemeriksaan yang dikunjungi oleh Bupati HSS beserta rombongan mengawali yaituu Kec. Loksado, Kec. Sungai Raya dan Kec. Angkinang. Bupati HSS mengatakan Pihaknya telah melihat 3 titik Pos yang ada di Kab. HSS di Kecamatan Loksado, Kecamatan Sungai Raya dan di Kecamatan Angkinang, secara fisik sudah siap untuk melayani pemudik

“SOP nya sudah jelas kita akan liat keterangan-keterangan yang dibutuhkan surat jalan, surat tugas dan yang penting mereka harus kita lakukan swab antigen, Alhamdulillah dari informasi tadi di Sungai Raya pemudik yang sudah di swab rata- rata hasilnya negatif”, ucapnya.

“Kami sampaikan kepada masyarakat tidak ada Pemerintah mempersulit, 6-17 Mei itu dilarang tapi kalau dia ingin memaksakan mudik ada persyaratan yang harus dipenuhi jadi panesmen persyaratan itu tidak susah tapi kalau persyaratannya tidak dipenuhi akan susah, akan diputar balik dan lain-lain”, ungkapnya.

Bupati juga mengatakan untuk jalan anternatife sudah ada posko di Kecamatan dan Desa, “Camat dan Kepala Desa ada makanya berskala mikro itu titiknya di Desa jadi RT ini akan tau yang baru datang dia belum diswab akan dilakukan swab disini petugas puskesmas yang akan menswab mereka”, ucap Bupati.

(Sumber : Kominfo)

Penulis         : Ucuk Syahreza

Editor           : Amutz

Reporter      : Laila Agustina

WhatsApp chat