Januari 28, 2021

Radio Informasi dan Hiburan

Pemkab HSS Berlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat pada 9-25 Januari

Hulu Sungai Selatan-Kandangan-AmanditNews. Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terhitung sejak tanggal 8 Januari 2021 memberlakukan pembatasan kegiatan di wilayahnya. Hal ini dilakukan untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang masih cenderung mengkhawatirkan.

Berdasarkan Surat Edaran Bersama (SEB)  Bupati HSS, Kapolres HSS dan Dandim 1003 Kandangan, masyarakat diminta untuk mengurangi kegiatan di  tempat umum dan mengutamakan aktivitas di rumah selama masa pandemi dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan) dalam setiap aktivitas.

Kegiatan masyarakat di tempat umum sebagaimana dimaksud antara lain, resepsi perkawinan, kegiatan keagamaan, kegiatan hiburan (pergelaran, festival, event, dan sejenisnya). Serta kegiatan lain yang mengakibatkan kerumunan.

Apabila masyarakat ingin melakukan kegiatan tersebut, diwajibkan berkonsultasi terlebih dahulu ke Satgas kelurahan/desa dengan membuat surat pemberitahuan acara atau kegiatan.

Selain itu, bagi pelaku usaha restoran, cafe, rumah makan, warung makan, warung, kantin, dan sejenisnya harus menghentikan kegiatan maksimal pada pukul 22.00 WITA. Menghentikan kegiatan warung malam yang berpotensi melanggar norma susila dan ajaran agama dan beralih pada aktivitas lain.

Sementara itu, pemerintah Kabupaten  HSS juga mengoptimalkan kembali posko Satgas Covid-19 tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa.

Khusus untuk wilayah desa, dalam penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 dapat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APDesa) secara akuntabel, transparan, dan bertanggung jawab.

Setiap orang atau badan yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Surat Edaran Bersama ini mulai berlaku sejak tanggal hari ini, Sabtu 9 Januari 2021 sampai tanggal 25 Januari 2021.

Adapun Surat Edaran Bersama tersebut ditandatangani oleh Bupati HSS Achmad Fikry, Kapolres HSS, AKBP Siswoyo, dan Dandim 1003 Kandangan, Letkol. ARM Dedy Soehartono.

Reporter  : Alpisah Rina

Editor      : Amutz

WhatsApp chat