Januari 28, 2021

Radio Informasi dan Hiburan

Pemkab HSS Tegas Tertibkan Warung Malam

Hulu Sungai Selatan-Kandangan-AmanditNews. Maraknya warung malam “warung jablay”, membuat Pemerintah Hulu sungai selatan (HSS) berupaya menertibkan aktivitas warung yang  dianggap meresahkan masyarakat ini.

Sebelumnya pada awal Desember tahun lalu, Majelis ulama Indonesian (MUI ) beraudiensi dengan DPRD Kab HSS untuk menyampaikan  keluhan ini, jumlahnya hingga 68 warung disinyalir ada dugaan kegiatan prostitusi.

Menanggapi hal tersebut di tahun 2021 ini pihak DPRD berencana menyusun  Rancangan Peraturan Daerah terkait penyakit masyarakat tersebut. 

Sementara di pihak kecamatan Angkinang telah mengeluarkan surat bersama tentang keamanan dan ketertiban umum di wilayah kecamatan Angkinang, dimana dengan surat bersama yang ditandatangani oleh Danramil Angkinang kapten Inf Bambang Kiswoyo, Camat Angkinang Lotvhie Rahmanie, dan Kapolsek Angkinang Ipda Didik Kusmini.

Dalam surat bersama tersebut secara tegas menyebutkan tertanggal 1 januari 2021 kegiatan warung remang-remang/warung malam dan beralih pada aktivitas lain yang bertentangan dengan norma sosial dan ajaran agama, untuk menghentikan kegiatannya.

“Mulai tanggal 1 Januari sampai dengan sekarang kami terus melakukan monitoring gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP kecamatan untuk memastikan kepatuhan kepada surat tersebut,” jelas Camat Angkinang Lotvhie Rahmani saat diwawancara via telepon, Sabtu (9/1/2021).

Dari hasil monitoring ada sebanyak 37 warung yang ada, sementara yang masih operasional ada 5 warung dengan tidak tahu adanya surat tersebut.

“Ada 5 warung yang masih kami dapati buka ini mereka yang lama tidak buka, sehingga tidak tahu kebijakan penutupan tersebut, tapi setelah kami sampaikan kebijakan tersebut malam berikutnya kami pantau sudah tidak buka lagi,” ungkapnya.

Camat Angkinang juga menjelaskan setiap kami melakukan pemantauan kami lakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) sehingga mereka bersedia tutup, pungakasnya.

Bupat Hulu Sungai Selatan (HSS) pada rapat Kordinasi Lengkap yang digelar Pemkab HSS secara virtual menanaggapi aktivitas warung malam yang mulai marak di HSS.

Menurut Bupati HSS Achmad Fikry kebanyakan mereka yang berwarung di HSS ini orang ber-KTP luar Hulu Sungai Selatan, yang membuka warung malam di HSS.

Dirinya meminta para pemilik warung menaati surat bersama yang dikeluarkan Kecamatan, terkait Covid-19 warung malam juga jelas Bupati menjadi salah satu yang dikhawatirkan dapat menjadi salah satu tempat terjadinya penularan.

“Saya meminta satpol PP untuk terus memantau dan menertibkan aktivitas warung malam, ada di antara mereka yang ber-KTP luar HSS, mereka orang luar berusaha di sini, jangan sampai wilayah kita jadi lahan orang luar berjualan yang tidak mau diatur,” tegasnya.

Reporter    : Alpisah Rina

Editor         : Amutz 

WhatsApp chat