Percepatan Tanam Bupati serahkan Asuransi dan Bantuan Untuk Petani HSS.

AmanditNews. Bantuan di terima Petani Se – Kabupaten Hulu Sungai Selatan ( HSS ) berupa Benih , Pupuk dan Herbisida serta Polis dan klaim Asuransi usaha Tani Padi ( AUTP ) , dan Asuransi Ternak sapi ( AUTS ) yang diserahkan oleh Bupati HSS di halaman kantor Dinas Pertanian HSS Senin (8/6).

Tujuan dari Bantuan ini jelas Muhammad Noor Kepala Dinas Pertanian HSS merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam mendorong percepatan Tanam musim kemarau April hingga Maret 2020.

Bantuan berupa benih , Pupuk dan Herbisida di berikan untuk kegiatan Padi inbrida seluas 1.515 Ha kepada 54 kelompok Tani di Kecamatan Daha utara dan Kecamatan Daha Barat, Pengembangan Padi bebas Residu seluas 143 Ha , dan Benih 3.575 Kg kepada 13 Kelompok Tani di Kecamatan Telaga Langsat dan Kecamatan Daha Utara.

Pemerintah Daerah juga memberikan 57.000 Kg Benih , Pupuk NPK 71.250 kg , Pupuk Hayati 21.375 kg , Herbisida 4.275 liter, Dolomit 142.500 untuk 42 kelompok Tani di Kecamatan Daha Selatan , Kecamatan Daha Barat dan Kecamatan Angkinang.

Untuk Kegiatan Pengembangan Padi 200 Ha dengan bantuan benih 5 ribu kg, Pupuk NPK 10 ribu kg untuk 5 kelompok tani di Kecamatan Daha Selatan. Pengembangan Jagung Hibrida seluas 5 ratus Ha dengan bantuan benih 7,5 ribu Kg untuk 21 kelompok tani di Kecamatan Kalumpang, Kandangan dan Simpur.

Sementara pengembangan Melon diberikan kepada Kelompok Tani Berkat Subur Desa Telaga Langsat, Bantuan Sarana Pengolahan Pupuk Organik kepada Kelompok Tani Putra Antaluddin Desa Karang Jawa Kec. Padang Batung, Bantuan Benih Tomat Budidaya Organik disalurkan kepada Kelompok Tani Said Kuning Desa Kapuh Kec Simpur. Selain itu, untuk mendukung percepatan tana mini, Pemerintah juga memberikan bantuan rehabilitasi jaringan irigasi tersier sebanyak 9 unit dan bantuan irigasi perpompaan sebanyak 3 unit.

Untuk kegiatan rehabilitasi ini, Kepala Dinas Pertanian H Muhammad Noor mengatakan merupakan kegiatan swakelola yang dilaksanakan kelompok tani dengan system padat karya dengan mengambil tenaga kerja arga setempat.

“Untuk Polis AUTP Padi seluas 323,26 ha dan AUTS (Sapi) sebanyak 63 Ekor. Sedang Klaim AUTP Padi diberikan kepada 8 Kelompok atau sekitar 155,89 Ha yang disebabkan banjir dan sebanyak 11,3 ha akibat serangan hama penyakit , 4 Polis AUTP dan 1 Polis AUTS (Sapi) dari PT Asuransi Jasindo ungkap H Muhammad Noor.

Bupati Achmad Fikry usai penyerahan bantuan berharap petani dapat memanfaatkan semua bantuan yang sudah diberikan pemerintah. Termasuk lahan-lahan sawah yang sudah dicetak dulu. Tolong lahan-lahan sawah yang dicetak dulu dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam penggarapannya. Selain itu ia juga bepesan agar petani selalu memperhatikan saat-saat dan musim yang tepat untuk memulai menanam dan jenis tanaman apa yang tepat untuk ditanam.

Terkait dengan program rehabilitasi yang merupakan kegiatan padat karya, Bupati HSS menilai sangat tepat dilaksanakan mengingat situasi dan kondisi saat ini dimana akan mampu mendayagunakan sumber daya manusia yang ada didesa setempat.

Editor : Badiansyah

Penulis : Amutz alamsyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat