Juni 23, 2021

Radio Informasi dan Hiburan

Peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke–100, HUT Satpol PP ke–69 dan HUT Satuan Linmas ke-57

AMANDITNEWS. Peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke–100, HUT Satpol PP ke–69 dan HUT Satuan Linmas ke-57 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pelaksanaanya di rangkai dengan upacara apel Hari kesadaran nasional di halaman kantor Bupati Hss , Kamis /18/04/2019.

Bupati Achmad Fikry bertindak sebagai pembina upacara dan menyampaikan sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, sebelum membacakan sambutan mentri bupati mengucapkan selamat HUT Damkar ke–100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 dengan harapan kedepan Damkar, Satpol PP dan Satlinmas bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kemudian Bupati mengucapkan terimakasih kepada masyarakat HSS yang kemarin telah menggunakan hak pilihnya. Tentu saja yang paling berjasa para petugas dilapangan sampai dini hari masih bertugas untuk menyelesaikan perhitungan suara. “Kita patut mengapresiasi kepada petugas- petugas kita termasuk Polri, TNI, Satlinmas yang mengawal perhitungan suara”

Dalam sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo pada peringatan HUT pemadam kebakaran ke-100, HUT Satpol PP ke-69, dan HUT Satlinmas ke-57 mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

peran penting Pemadam Kebakaran, Satpol PP, dan Satlinmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya. Adapun tugas pemadam kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Sedangkan Satpol PP dibentuk untuk menegakkan perda dan perkara, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Dan untuk Satlinmas secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketentraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketentraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu serta membantu upaya pertahanan negara.

Mentri mengintruksikan kepada seluruh Kepala Daerah dan para pemangku kepentingan yang terkait untuk melakukan penguatan penyelenggaraan kebakaran dan penyelenggaraan ketenteraman ketertiban umum di daerah melalui langkah–langkah diantaranya pertama, melakukan penguatan kapasitas kelembagaan penyelenggara sub urusan kebakaran dan penyelenggara sub urusan ketenteraman dan ketertiban umum.

melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur, baik secara kuantitas maupun kualitas. Ketiga, melakukan penguatan kapasitas sarana prasarana penunjang dalam pelaksanaan tugas fungsi , alokasi anggaran yang memadai bagi pencapaian target standar pelayanan minimal, dengan mempedomani peraturan menteri dalam negeri yang berkaitan dengan penyusunan RKPD dan APBD.

 

WhatsApp chat