September 20, 2021

Radio Informasi dan Hiburan

Sekda HSS Tanggapi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020

AmanditNews, Kandangan – Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Muhammad Noor, M.AP menghadiri Rapat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020, bertempat Lantai II Gedung DPRD HSS, Senin (5/7/2021).

Dalam tanggapannya terhadap pertanyaan yang disampaikan oleh fraksi-fraksi DPRD HSS, Sekda M. Noor menyampaikan berkenaan dengan peningkatan PAD yang disampaikan oleh fraksi Nasdem, bahwa Pemkab HSS akan terus meningkatkan kas daerah melalui PAD, salah satunya yang sedang dijalankan adalah verifikasi piutang PBB dan maksimalisasi penerimaan PBB dan BPHTB serta pemasangan mesin rekam pajak pada setiap rumah makan dalam rangka tertib pajak restoran dan rumah makan serta pajak hotel dan penginapan.

Terhadap masukan yang diberikan oleh fraksi PKS dalam hal 3 (tiga) tahapan penting yang harus diperhatikan dalam proses pembangunan, yakni tahap perencanaan (Planning), tahap pengorganisasian (Organizing), dan tahap evaluasi (Evalluating). Pemerintah akan terus memperbaiki kinerja penyerapan anggaran dan mengawal pelaksanaannya agar sesuai dengan perencanaan, sehingga tidak terus menerus mempunyai silpa yang besar.

Terkait pandangan dari fraksi PDI Perjuangan yang menyinggung tentang laporan hasil pemeriksaan BPK TA 2020, dan memang masih terdapat beberapa catatan, temuan dan rekomendasi yang harus segera ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah.

Selesai menyampaikan tanggapan pada rapat paripurna, Sekda Kab. HSS dalam wawancaranya menyampaikan jawaban dari eksekutif ini lumayan panjang karena pertanyaannya banyak sehingga jawabannya pun banyak. Jadi yang menjadi poin-poin dari pertanyaan pada sidang terdahulu, kami jelaskan di kesempatan hari ini.

Turut hadir pada rapat ini, Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Kepala Bagian, dan Anggota DPRD Kab. HSS.

Reporter: Laila & Nawar

Editor: Ucuk Syahreza

WhatsApp chat