Sosialisasi penggunaan Dana Desa/Kelurahan untuk Penanggulangan Bencana.

Amandit News. Puluhan perwakilan Barisan Pemadam Kebakaran ( BPK ) , Lurah dan Kepala Desa Se-Kecamatan Kandangan mengikuti Ramah Tamah dan Sosialisasi penggunaan dana Desa/Kelurahan untuk Kebencanaan , di aula kantor kecamatan kandangan senin 14/10.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa( DPMD ) Kamidi yang hadir sebagai Narasumber mengatakan , Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tengah gencar mendorong pemerintah desa turut memprioritaskan penggunaan dana desa untuk kebencanaan,aturannya telah tertuang dalam Permendesa nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

Sementara Camat Kandangan Ronaldy Prana Putra ,mengatakan tujuan dari kegiatan Ramah tamah dan Sosialisasi ini adalah pemahaman dan menyamakan persepsi kepada para kepala Desa / lurah,juga perwakilan Bpk yang Hadir mengenai apa saja yang boleh di anggarkan untuk kebencanaan,sehingga usulan – usulan yang masuk dapat terealisasi.

Lebih lanjut Ronaldy untuk kelurahan pada tahun ini menurut juknis yang ada di perbolehkan untuk pembelian Apar, mesin penanganan kebakaran portabel termasuk dengan pelatihannya, sedangkan untuk Desa dapat menganggarkan selang, Pompa portabel dan kompernya , barang di beli oleh Desa menjadi barang Desa yang di pinjam pakaikan kepada BPK, namun dari usulan – usulan yang masuk pada hari ini akan di bicarakan kembali di DPMD terkait mana yang boleh di anggarkan pada tahun ini dan mana yang tidak jelasnya.

Untuk dana kelurahan terang Ronaldy baru tahun ini ,dimana tiap kelurahan menerima sekitar Rp 382.000.000,- (tiga ratus delapan puluh dua juta), untuk kemana penggunan dana tersebut tentunya dari musyawarah bersama antara masyarakat di kelurahan tersebut.

Pada acara ini Narasumber yang di hadirkan yakni dari DPMD untuk penggunaan dana desa dan dari Bakeuda untuk penggunaan dana Kelurahan.

Jumlah Barisan Pemadam kebakaran (BPK ) yang ada di kecamatan Kandangan sebanyak 30 orang dan 1 relawan Rescue alhamdulilah hadir semuanya Tambah Ronaldy.

kegiatan ini turut dihadiri Camat Kandangan, Kadis DPMD , perwakilan Bakeuda ,para lurah, kepala Desa , para anggota BPK se Kecamatan kandangan dan Relawan Rescue.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat