Juni 23, 2021

Radio Informasi dan Hiburan

Tim Verifikasi Lapangan KKBPK melakukan peninjauan langsung ke Kampung Keluarga Berencana Desa Parigi Kecamatan Daha Selatan

AMANDITNEWS.Setelah Tim Verifikasi Lapangan Calon Penerima Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan Bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang terdiri dari unsur Sekretariat Militer Kepresidenan (Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan) bersama Tim Teknis BKKBN Pusat dan Tim Teknis Tanda Kehormatan dan Tanda Penghargaan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di terima oleh Bupati HSS Drs.H.Achmad Fikry,M.AP bersama Wakil Bupati Syamsuri Arsyad,S.AP,MA, Forkopimda, para Pejabat dilingkup Pemkab HSS di Pendopo Kabupaten HSS, selasa malam (9/4/19).

Rabu pagi (10/4/19), rombongan Tim Verifikasi tersebut melakukan peninjauan langsung ke Kampung Keluarga Berencana Desa Parigi Kecamatan Daha Selatan untuk menilai sejauh mana komitmen dan dukungan Pemerintah Daerah dalam pengelolaan dan pelaksanaan program KKBPK di Kabupaten HSS.

Hadir pada acara tersebut dari Sekretariat Militer Kepresidenan Kasubbag Verifikasi Sekretariat Militer, Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Siti Isro’yati,SH,M.AP dan Sheryn Prera,S.IP, Tim BKKBN Pusat Kasi Pengembangan Hubungan Dengan Lembaga Non Pemerintah Rina Windia Sari,SH,MH, Analis Hubungan Antar Lembaga Teguh Krisdiyanto,S.Sos, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad,S.AP,MA, Plt.Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel Ir.H.Ramlan,MA beserta rombongan, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan Ir.H.Saifullah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dra.Hj.Is Susilastuti, Camat Daha Selatan H.Akhmad Sapuan,S.Pd, Ketua TP PKK Kecamatan Daha Selatan, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Daha Selatan, Kepala Desa Parigi Hery Asmuni, Kepala Puskesmas Sungai Pinang, bidan desa, tokoh agama, tokoh masyarakat.
Pada kesempatan itu, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad,S.AP,MA membacakan sambutan tertulis Bupati yang menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari pada pertemuan tadi malam tentang dukungan dan komitmen Pemda terhadap program KKBPK. Dimana pada hari ini merupakan peninjauan langsung ke lapangan yang dilakukan oleh Tim di Desa Parigi Kecamatan Daha Selatan.

Kemudian Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang selama ini telah turut berperan aktif mendukung program KKBPK di daerah ini, sehingga program dari pemerintah dapat benar-benar dilaksanakan. Adanya penilaian dari Tim terhadap pemberian penghargaan Satyalancana Pembangunan, tentunya akan semakin memacu semangat Pemkab HSS agar dapat terus bergerak dan bekerja semaksimal mungkin. Hal-hal yang masih dirasa kurang, akan terus dibenahi bersama dalam rangka penyempurnaan kedepan. Dengan peran aktif dan sinergi semua, maka apa yang menjadi harapan kita akan dapat terwujud.

Selanjutnya Wakil Bupati menambahkan penghargaan itu merupakan tanda bahwa pemerintahan kita berjalan ke arah yang benar. Beberapa program yang telah dijalankan, yaitu BPJS gratis, sinergisitas antara bidan kampung dan perawat dan khusus untuk warga Daha telah disediakan seminggu sekali bisa untuk mengantar jemput pasien untuk cuci darah. Selain itu ada juga program dan bantuan lainnya untuk masyarakat di Kabupaten HSS di tengah kekurangan dan keterbatasan anggaran.

Sementara itu, Kasubbag Verifikasi Sekretariat Militer, Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Siti Isro’yati,SH,M.AP mengatakan bahwa Tim dari Sekretariat Militer Presiden, Sekretariat Dewan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan akan melakukan verifikasi dengan melakukan peninjauan langsung untuk menilai, apakah data yang diusulkan fakta yang ada dan mengklarifikasi kepada masyarakat bagaimana komitmen Bupati dalam pembangunan KKBPK khususnya di Desa Parigi Kecamatan Daha Selatan. Selain itu, nantinya akan dilaksanakan juga klarifikasi empat instansi yakni KPK, Kejaksaan, Kepolisian dan BIN. Yang setelah selesai, hasilnya akan dilaporkan kepada Ketua Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Siti Isro’yati juga menyampaikan total jumlah penerima ada 22 yang terdiri dari 18 untuk Satyalencana Pembangunan dan 4 orang untuk Satyalencana Wirakarya, yang rencananya akan dianugerahkan oleh Presiden pada Hari Keluarga Nasional di Provinsi Kalsel. Untuk di Kalsel hanya ada dua Kepala Daerah yang menjadi calon Penerima yaitu Bupati HSS dan Bupati Tabalong. Ia berharap komitmen Bupati dalam memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya, kedepannya masyarakat bisa lebih sejahtera lagi.

Kepala Desa Parigi Hery Asmuni mengucapkan selamat datang di bumi kalimantan dan di Desa Parigi Kecamatan Daha Selatan. Kemudian Kepala Desa Parigi memaparkan tentang keadaan wilayah Desa Parigi. Tidak hanya itu, Hery Asmuni menyampaikan pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan mulai tahun 2015.

Hery Asmuni juga melaporkan jumlah pos ikut KB sebanyak 353, inplan 10, jumlah Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) 23, jumlah peserta non KB 102, penduduk wajib KTP sebanyak 2019, perempuan 862 dan laki-laki 919. Yang memiliki KTP elektronik perempuan 805 dan laki-laki 801 orang. Penduduk memiliki BPJS 1.271, perempuan dan laki-laki 1361. “Ini berkat program dari Bupati dan Wakil Bupati sehingga warga Desa Parigi khususnya semuanya menerima, Alhamdulillah kami sudah berobat dengan gratis”, ujarnya.
Hery Asmuni menambahkan atas nama masyarakat Desa Parigi mengucapkan ribuan terimakasih, sehingga tidak susah lagi berobat karena sudah menggunakan kartu BPJS.

WhatsApp chat