Juni 23, 2021

Radio Informasi dan Hiburan

WABUP SYAMSURI ARSYAD MEMPERINGATI HUT XXV OTONOMI DAERAH TAHUN 2021

AmanditNews. Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) XXV Tahun 2021 secara virtual melalui video conference dan streaming dari Ruang Media Center Lantai II Setda Kab HSS. Senin (26/04/2021)

Peringatan ini sesuai dengan Keputusan Presiden No 11 Tahun 1996 tertanggal 7 Februari 1996 yang telah menetapkan 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah (Otda).

“Dan Peringatan Hari Otda kali ini, mengusung tema “Membangun Semangat Kerja dan Meningkatkan Gotong Royong di masa Pandemi Covid-19 untuk Masyarakat yang Sehat, Ekonomi Daerah yang Bangkit dan Indonesia yang Maju”.

Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin secara langsung membuka Peringatan Hari Otda, turut Mendagri Tito Karnavian menegaskan kembali arti pentingnya Otda, dimana keberagaman yang dibalut dalam bingkai Otda tentunya menjadi modal besar untuk menciptakan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Lanjut ditambahkan oleh Wapres KH Ma’ruf Amin mengungkapkan tema yang diangkat pada peringatan Otda kali ini sudah tepat, inspiratif dan kontekstual. Bahkan Wapres mengapresiasi Kemendagri, para Kepala Daerah, Perangkat Daerah, Penyelenggara Pilkada hingga masyarakat yang sudah memberikan kontribusinya untuk keberhasilan pelaksanaan. Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 lalu di 270 daerah dengan tingkat partisipasi sebesar 76,09 persen. Dirinya menilai secara keseluruhan Pilkada berjalan aman, lancar, tertib dan terkendali walaupun dalam masa Pandemi Covid-19.

Wapres melihat Peringatan Otda saat ini merupakan momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi Pemda di masa yang akan datang. Secara filosofis,kebijakan Otda dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintah dengan memindahkan fokus pemerintahan dari pusat ke daerah disertai dengan pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan tertentu secara mandiri.

Penyelenggaraan Otda juga merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah untuk mencapai peningkatan kesejahteraan daerah.

Melalui kebijakan Otda, Pemda memiliki keleluasaan untuk menyelenggarakan pemerintahan sendiri atas prakarsa, kreatifitas dan peran serta masyarakat dalam mengembangkan dan memajukan daerah. Dan Wapres berpendapat pelaksanaan Otda yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan adaptif yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat dalam bertindak serta selalu berorientasi pada pemecahan masalah dan mampu menyesuaikan dengan perubahan dan keadaan yang baru.

(sumber Prokopim HSS)

Penulis    : Ucuk Syahreza

Editor      : Amutz

Reporter : Laila Agustina

WhatsApp chat